Berita Desa

Pilkades Semakin Dekat, Panitia Pilkades Jaga Profesionalitas

04 Maret 2021
Abdul Mustaji
Dibaca 44 Kali
Pilkades Semakin Dekat, Panitia Pilkades Jaga Profesionalitas

Mintobasuki-Gabus.Desa.id - Kepala Desa mengharapkan panitia Pilkades dapat menjalankan tugas sesuai peraturan dan tetap profesional hingga pemilihan berjalan lancar dan suskses. Hal tersebut disampaikan mengingat panitia juga merupakan warga yang memiliki hak suara.

Sejak dibuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada 25 Februari 2021 lalu, hingga kini baru dua warga desa setempat  yang telah mendaftarkan diri. Kandidat Bakal calon tersebut berasal dari wilayah RW 02 dan RW 03. Pendaftaran masih akan tetap dibuka hingga Sabtu (6/3) pukul 12.45 WIB.

Sejauh ini, berkas-berkas yang diterima panitia sesuai yang dipersyaratkan dalam pengumuman 01/Pan.Pilkades/2021. Namun demikian, tetap akan diadakan validasi dan uji publik pada Senin (8/3) nanti.

Data terakhir, Kamis (4/3)  pukul 19:30 bertempat di sekretariat  (balai desa)   panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) menyelenggarakan Rapat Koordinasi kroscek draft daftar pemilih sementara. Estimasi jumlah daftar pemilih tetap belum bisa dipastikan, hingga selesai proses pemutakhiran data. Rencana penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan diagendakan pada Selasa (9/3). Tentunya DPS ini akan disebar dari wilayah Kulonan, Loran, Tengahan, Kidulan, dan Koripan Sampi. Selanjutkan akan dijadwalkan prosedur berikutnya dalam waktu dekat dari jadwal pemilihan umum yang akan digelar pada 10  April 2021.

Pemilihan Pilkades diharapkan dapat berjalan secara demokratis dan bebas dari segala wacana maupun perilaku negatif. Termasuk dalam hal partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan. Hal ini untuk membendung sifat apatis masyarakat yang lebih memilih untuk golput ataupun mengadopsi suara tidak sah.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image