Tahun 2024, Petani di Desa Mintobasuki Mampu Tanam Padi Selama 3 Musim

21 Agustus 2024
ABDUL MUSTAJI
Dibaca 65 Kali
Tahun 2024, Petani di Desa Mintobasuki Mampu Tanam Padi Selama 3 Musim

MINTOBASUKI-Gabus.Desa.id - Pada tahun 2024 ini, petani Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus bisa menanam padi selama 3 musim.

Kartono, salah satu petani di Desa Mintobasuki menyampaikan bahwa petani di wilayahnya saat ini melakukan masa tanam ke-3, yaitu dengan menanam padi. Pada tahun sebelumnya, petani hanya bisa menanam padi sebanyak 2 musim saja. Sebab untuk masa tanam ke 3, biasanya di tanami palawija.

"Saat ini air melimpah ruah di Sungai Silugonggo. Hal ini berkat upaya normalisasi sungai Silugonggo oleh BBWS Pemali Juwana dan serta sudah beroperasinya Bendungan Kembang Kempis", ujarnya saat ditemui, Selasa (20/8/2024).

Untuk diketahui bahwa Bendungan Kempis sendiri dibangun bertujuan untuk mencegah masuknya air laut ke hulu sungai saat musim kemarau ini. Selain itu juga bisa untuk menampung air disaat musim hujan dan mengurangi resiko banjir.

"Di saat musim tanam ke-3 ini, petani mudah-mudahan dapat hasil panen yang melimpah seperti saat musim panen ke-2 kemarin, dengan harga bisa mencapai 700.000 per kwintal potong di lokasi", pungkasnya.

Kartono menyebut, dengan hasil panen yang melimpah, petani di Desa Mintobasuki bisa sejahtera dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga.