Senam Sehat Desa Mintobasuki, antara Kesehatan dan “Support System” Komunitas

25 Agustus 2022
Nur Setyaningrum
Dibaca 262 Kali
Senam  Sehat Desa Mintobasuki, antara Kesehatan dan “Support System” Komunitas

Mintobasuki-Gabus.desa.id - Senam sehat yang dilaksanakan oleh wanita di Balai Desa Mintobasuki pada Selasa (23/08/2022) lalu dihadiri oleh empat belas peserta termasuk pelatih dari kalangan Ibu-Ibu  paruh baya hingga remaja. Tujuan dari keikutsertaan di acara tersebut  selain  sebagai rangkaian  kegiatan untuk menyehatkan badan dan kebugaran tubuh juga sebagai ajang untuk temu komunitas. Pasalnya, ibu-ibu terlihat ceria dan bersemangat mengikuti gerakan per sesinya, bahkan tak satupun dari mereka yang terlihat beristirahat ketika sesi berikutnya dimulai.  Dari gerakan lambat hingga cepat, semuanya diikuti dengan apik oleh peserta.

Senam ini tidak diperuntukkan untuk lansia mengingat ritme musik dan gerakan yang terkesan cukup cepat. Meskipun dari Wulan, pelatih yang menjadi tutor senam tersebut juga menyediakan senam untuk lansia, akan tetapi dalam sesi ini tidak mengakomodir untuk diikuti lansia.

“Kalau lansia, terlalu energik, Mbak. Kuwalahan pastinya,” (red) jelas  Riski Rika Mulyani, istri Kepala Desa Mintobasuki yang sekaligus sebagai koordinator komunitas senam sehat wanita. Menurutnya senam ini merupakan inisiatif dari ibu-ibu desa sekaligus didukung dari desa dari penyediaan tempat. Namun untuk pembiayaan, peserta perlu membayar iuaran sejumlah lima ribu rupiah per orang  (Rp 5.000,00/ orang) untuk dibayarkan kepada pelatih.

Senam terbagi atas tiga sesi, aerobic, body languange (BL), plasmap, dan pendinginan. Senam Aerobic diakategorikan dalam senam irama yang diiringi musik dengan tujuan membentuk otot bagian tubuh serta meninkatkan aliran otot ke jantung. Sementara   B.L, adalah singkatan dari body language yang merupakan  jenis senam aerobic dengan ditambahkan menahan kontraksi otot (Setiawan, 2020). Senam ini juga difungsikan untuk membentuk keindahan tubuh, kesegaran, maupun kebugaran, dan cukup efektif untuk menurunkan berat badan (Dhias Fajar Widya Permana, 2014) Senam ini merupakan gabungan dari senam pembentukan, senam nifas, dasar jazz, dan ballet (Setiawan, 2020). 

Berdasar keterangan dari Sulistiyani peserta senam di komunitas senam sehat Desa Mintobasuki, aktivitas senam yang menurutnya sangat bermanfaat adalah  senam kegel khususnya bagi wanita.

“...banyak manfaat yang didapat dari olahraga, apalagi senam aerobik untuk kesehatan jantung, serta meningkatkan stamina tubuh, membakar kalori. Sebab, kalau dari segi makanan biasanya saya makan terus, Mbak. Jadi dengan senam ini, kiranya dapat membentuk otot agar tidak kendur. Apalagi bagi kami yang sudah menjadi ibu-ibu dan pernah melahirkan,” jawabnya dalam direct message, Kamis (25/8/2022).

Menurut keterangan dari peserta lainnya, pengaktifan senam sehat ini dimulai kembali setelah sebelumnya pernah vakum. Hal tersebut lantaran benturan jadwal peserta dengan aktivitas harian lainnya yang  menurut keterangan dari  Riski Rika Mulyani sempat dilaksanakan secara rutin di hari Minggu.  Para peserta pun berharap senam ini dapat dirutinkan kembali. Sebagaimana berdasar keterangan dari Sulistiyani, kegiatan akan berlangsung kembali di Selasa depan bakda ashar waktu setempat.