Antara BLT DD dan Harapan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

25 Agustus 2022
Nur Setyaningrum
Dibaca 241 Kali
Antara BLT DD  dan Harapan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

Mintobasuki-Gabus.desa.id - Program Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa (BLT DD) dirasakan warga penerima cukup bermanfaat, terutama bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Hal ini sebagaimana diungkapkan  oleh perempuan lansia berinisial  LS., “Biasane ya kanggo tuku buah, iwak” (Biasanya untuk membeli  buah, ikan. red) pada Rabu (24/8/2022) di balai Desa Mintobasuki. LS. menegaskan bahwa penggunaan uang tunai tersebut cukup membantu lantaran saat ini ia tinggal sendiri dikarenakan tidak memiliki keturunan.

Berbeda dengan pria lansia berinisial SN. Ia memanfaatkan uang keperluannya sebagai tambahan, dikarenakan dirinya dan istrinya kini sudah tidak bekerja namun kedua anaknya pun sering memberikannya uang bulanan sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan pokok. Akan tetapi,  ia  juga memiliki seorang anak paruh baya yang dinyatakan memiliki gangguan kejiwaan hingga pernah  dua kali dirawat di rumah sakit jiwa. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan bahwa  BLT DD perlu disalurkan tepat pada sasaran.

Senada dengan pria lansia  yang lebih akrab dipanggil Mbah Sagi, beliau membagi uang kebutuhan hariannya bersama dengan keluarganya. Bantuan tunainya dipergunakan untuk membeli beras hingga kebutuhan harian, lantaran dirinya kini sudah tidak bekerja.

Sejauh ini, BLT DD untuk tahun ini diberikan kepada  sembilan puluh dua (92) keluarga penerima manfaat. Terjadi perubahan beberapa data dari  hasil musyawarah desa khusus yang berlangsung Januari 2022 lalu.  Hal ini dikarenakan ada beberapa warga yang meninggal sehingga penerima BLT DD diberikan pada penerima cadangan yang sempat dirapatkan pada musyawarah desa sebelumnya.

“Perubahan ini pun juga kami konfirmasikan dan musyawarahkan kembali ketika rapat staf pemerintah desa. Jadi mekanismenya dari musyawarah kemarin,  hasil akhirnya jika terdapat perubahan dalam pelaksanaannya, kami rapatkan lagi dan memberi tembusan kepada BPD. Termasuk beberapa perubahan prioritas anggaran tahun 2022 ini. Ada beberapa program yang kami cancel karena ada prioritas lain dari Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan. Selengkapnya, program yang sudah dan akan dijalankan sebagaimana terpampang di papan infografis depan Balai Desa Mintobasuki,”  jelas Abdul Mustaji, sekretaris Desa Mintobasuki  ketika diwancarai pada Rabu, (24/08/2022).

Acara penyerahan berlangsung cepat, lantaran warga sudah datang satu jam lebih awal sebelum jadal pembukaan. Kepala Urusan Keuangan, Sutomo bersama dengan Novie Pambudiningrum kepala Dusun Jrakah membagikan sejumlah bantuan langsung tunai yang dilaksanakan secara terbuka di balai desa  dari pukul  sembilan hingga pukul sepuluh pagi.  Kendati demikian, masih ditemukan beberapa penerima bantuan yang datang terlambat sehingga mereka menyelesaikannya di kantor pelayanan.