Seekor Kambing dan Sepeda diperebutkan Peserta Jalan Sehat sebagai Doorprize Utama

15 Agustus 2022
Nur Setyaningrum
Dibaca 276 Kali
Seekor Kambing dan Sepeda diperebutkan Peserta Jalan Sehat sebagai Doorprize Utama

Mintobasuki-Gabus.desa.id - Aktivitas perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 dimeriahkan dengan sejumlah acara yang dikoordinasi oleh pemuda. Salah satunya oleh Karang Taruna Bina Usaha Mandiri Desa  Mintobasuki. Kelompok pemuda ini merupakan gabungan dari remaja dan dewasa yang turut menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan peringatan kemerdekaan. Hal ini tampak dari keaktifan pemuda Desa Mintobasuki mulai dari koordinasi kegiatan, pelaksanaan, hingga penutupan jalan santai pada Minggu, (14/8/2022) dengan acara inti pukul 07.00 hingga 10.30 WIB.

Tidak hanya terpusat di area Balai Desa Mintobasuki saja, dari RW. 04 pun tampak sejumlah pemuda tergabung dalam acara panjat pinang yang digelar warga setempat, pukul 13.00 hingga sore waktu setempat. Menurut Karmin, Kepala Dusun Koripansampi mengungkapkan bahwa ide tersebut merupakan inisiatif dari pemuda RW. 04

“Aktivitasnya hanya kecil-kecilan pemuda setempat. Panjat pinang dan tarik tambang. Itu pun hadiahnya juga tidak terlalu besar. Untuk menghibur masyarakat saja. Semua RT di RW. 04 ikut berpartisipasi karena memang hanya dua RT saja. RT 2, ketua RT-nya Pak Dian Marsudiyono dan RT 1 diketuai Pak Marwi,” terangnya saat dijumpai di kedai depan Balai Desa Mintobasuki (Minggu, 15/08/2022).

Hampir seluruh warga RW. 04 dengan ketua RW Muhadi pun turut hadir meramaikan dan menyaksikan jalannya hiburan rakyat. Bahkan bukan hanya dari warga RW. 04 Desa Mintobasuki, melainkan juga berasal dari RW lain. Sejumlah pedagang lokal pun menjajakan makanan ringan sebagai penikmat dikala sore di lokasi lomba. Warga tampak cukup gembira dengan sorakan dan gelak tawa dari para pemain yang berusaha meraih hadiah di puncak pinang mulai pukul 13.00 WIB hingga sore hari.

Sementara itu, acara sebelumnya di pagi hari antara pukul 07.00 hingga 10: 30 WIB, tepatnya di balai Desa Mintobasuki, warga juga disuguhi kemeriahan acara dengan hadiah yang disediakan oleh panitia. Hadiah senilai jutaan rupiah tersebut juga merupakan kalkulasi dari sumbangan Pemerintah Desa dan partispasi warga yang turut tergabung.  Dengan hadiah utama yang ditawarkan berupa kambing dan sepeda gunung dari donatur warga setempat, hal ini menjadi pemicu masyarakat untuk turut meramaikan. 

Diakhir agenda, hadiah seekor kambing betina yang telah diundi berhasil didapatkan oleh seorang anak bernama Jahfal Aufa Habib Hibatullah, anak dari seorang ayah Hartono dan Ibu Yus Sumiwati, salah satu warga RT. 01 RW. 01. Panitia mengharapkan agar kambing yang didapatnya dapat dipelihara dengan baik dan tidak dijual dalam waktu dekat. Sementara itu pemenang hadiah sepeda  gunung oleh Baskoro (16) salah satu siswa  kelas XI, SMA PGRI  Pati, putra dari Sukarni. Ia berminat untuk menggunakan sepedanya sebagai salah satu mode transportasi  ke sekolah.

“Ya, nanti akan saya gunakan ke sekolah. Kalau sudah rizki mah nggak kemana. Ini sepeda sepertinya nurut sama saya. Saya yang bungkusin, kok saya yang dapat,” (red) celoteh Baskoro dalam wawanacara singkat di teras balai desa.

Acara berlangsung dengan cukup kondusif dengan MC oleh Karmin (perangkat desa) dan Wahyuni Putri Kholifah sebagai partner MC. Mayoritas peserta dari anak-anak merasa terhibur dengan pembagian hadiah berdasar pengundian nomor kupon yang telah dibeli sebelumnya. Mereka merasa antusias, ditunjukkan dengan berbagai kata-kata menghibur, teriakan, bahkan gelak tawa hingga hampir podium tenggelam dalam kerumunan.