Tekan Biaya Operasional, Dinas Kelautan dan Perikanan Gelar Pelatihan Pembuatan Probiotik RABAL

03 Juli 2022
Kartika Ade Nurlina
Dibaca 187 Kali
Tekan Biaya Operasional, Dinas Kelautan dan Perikanan Gelar Pelatihan Pembuatan Probiotik RABAL

Mintobasuki-Gabus.Desa.Id - Pelatihan pembuatan probiotik RABAL (Ragi Bakteri Asam Laktat) untuk suplemen pada ikan dilaksanakan di Punden Cengek Desa Mintobasuki Jumat (1/7/2022). Probiotik dimaksud berguna untuk memelihara kesehatan ikan dalam keramba. 

"Tujuan pelatihan hari ini adalah agar para pembudidaya ikan bisa mandiri dengan membuat probiotik sendiri sehingga mampu mengurangi penggunaan probiotik produksi pabrikan maupun yang ada di toko – toko karena harganya yang relative mahal", kata Riyanto SP dalam pemaparan materi.

Program pelatihan dan penyuluhan melibatkan kelompok pembudidaya ikan baik pengurus maupun anggotanya, jajaran PPL, serta dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati. Karena mengingat sasaran dari pelatihan yaitu orang – orang yang membudidaya ikan di Desa Mintobasuki

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar namun ada sedikit kendala seperti tempat kegiatan yang kurang representatif serta fasilitas yang kurang memadai. Ahmad Fikry Nasrullah selaku koordinator kelompok pembudidaya ikan "Mina Barokatul Rizqi" Desa Mintobasuki sangat berterima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati.

"Terimakasih kepada dinas kelautan dan perikanan yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan probiotik RABAL, semoga para pembudidaya ikan dapat dengan mudah mempraktekan sendiri dan tidak bergantung pada buatan pabrik" tutur Ahmad Fikry Nasrullah setelah kegiatan selesai.

Terkait pelaksanaan pelatihan, Bapak Riyanto S.P berharap dari kegiatan pelatihan pembuatan probiotik RABAL dan budidaya dalam keramba dapat mendatangkan manfaat bagi para pembudidaya ikan di Desa Mintobasuki.

"Dengan dilakukannya pelatihan pembuatan RABAL (Ragi Bakteri Asam Laktat) untuk suplemen pada ikan dapat menjadikan ikan - ikan pada keramba lebih sehat dan dapat memperoleh hasil panen lebih besar dari sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan" tutupnya sebelum meninggalkan punden cengek.(KAN)