Puskesmas Gabus 1 Selenggarakan Imunisasi MR Guna Mencegah Penyakit Rubella

14 Juli 2022
Kartika Ade Nurlina
Dibaca 173 Kali
Puskesmas Gabus 1 Selenggarakan Imunisasi MR Guna Mencegah Penyakit Rubella

Mintobasuki-Gabus.desa.id – Kamis (14/07/2022) telah dilaksanakan kegiatan imunisasi MR bersamaan dengan kegiatan posyandu di Balai Desa Mintobasuki. Pemerintah mulai berkomitmen untuk mewujudkan eliminasi campak dan pengendalian penyakit rubella serta kecacatan akibat rubella di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Upaya yang dilakukan yaitu dengan pemberian imunisasi Mealess Rubella (MR). 

Bidan Yuli selaku salah satu tenaga medis yang memberikan pelayanan imunisasi MR sekaligus Bidan Desa di Desa Mintobasuki menjelaskan bahwa Imunisasi MR merupakan bentuk kegiatan pencegahan dari penularan penyakit campak dan rubella. Sehingga sangat penting untuk dipenuhi oleh seorang anak agar terhindar dari penyakit tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh tim medis sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya yaitu vaksin MR, spuit disposable sekali pakai, dan kapas kering. Sasaran dari kegiatan imunisasi MR yaitu balita usia 9 bulan – 59 bulan. Imunisasi MR dapat diperoleh dengan mendatangi puskesmas gabus 1 atau posyandu balita di masing-masing desa. 

“Semua ibu – ibu yang memiliki anak dengan rentang usia 9 – 59 bulan sangat antusias membawa anak mereka ke posyandu untuk melakukan imunisasi MR dengan tujuan agar anak-anak tersebut terhindar dari penyakit campak dan rubella” tutup Bidan Yuli usai ditemui selepas kegiatan.