Berita Desa

Petani Mintobasuki Guyub Atasi Kekeringan

09 Agustus 2021
Abdul Mustaji
Dibaca 49 Kali
Petani Mintobasuki Guyub Atasi Kekeringan

Mintobasuki-Gabus.Desa.id - Maksimalisasi pemanfaatan debit air Sungai Silunggonggo, sejumlah petani Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus gelar rapat pembagian air. Rapat yang juga dihadiri oleh pemerintah desa (pemdes) setempat ini, agar para petani juga masih bisa mendapat jatah pengairan secara saat tanam pada musim kemarau.

Kepala Desa Mintobasuki, Saryadi menjelaskan bahwa pada kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi semua petani yang ada pada wilayah setempat. Dengan peserta dari gabungan kelompok tani Desa Mintobasuki ini, diharapkan 60 orang petani yang ikut pada forum ini bisa menyampaikan kepada petani lain terkait hasil rapat yang berlangsung pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 19.30 hingga selesai.
"Rapat koordinasi ini juga bertujuan agar para petani juga bisa memprediksi akan kebutuhan air untuk lahan pertaniannya,"

Mengingat air pada Sungai Silunggonggo lanjutnya, terkadang ketika air laut pasang. Air yang ada pada sungai tersebut tercampur dengan air laut sehingga menjadi payau dan tidak bisa digunakan untuk lahan pertanian.
"Dengan rapat ini diharapkan bisa menanggulangi kemungkinan kekurangan air saat musim kemarau tiba," ucapnya.

Karena dalam melakukan proses pengairan menggunakan pompa air imbuhnya, para petani sepakat untuk membantu biaya operasional pompa air sebesar Rp. 150.000/bakon lahan pertanian (satuan luasan lahan pertanian yang digunakan masyarakat setempat, setiap 1 bakon berkisar 2.800 meter persegi).
"Kami juga menaruh harapan yang besar dari petani, agar ada penataan sistem irigasi. Sehingga petani juga mudah untuk mendapatkan aliran air tawar untuk pertanian pada lahan pertanian," tutupnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image