Berita Desa

Calon Kepala Desa Ditetapkan, Pasang Foto Jangan Sembarangan!

09 Maret 2021
Abdul Mustaji
Dibaca 134 Kali
Calon Kepala Desa Ditetapkan, Pasang Foto Jangan Sembarangan!

Mintobasuki-Gabus.Desa.id - Panitia Pilkades melarang dan akan mencopot foto calon Kades yang dipasang di jalanan sebelum hari kampanye yang ditentukan. “Tidak boleh, … akan dicopot,”  demikian tanggapan dari salah satu panitia saat dimintai keterangan seandainya didapati foto calon yang terpasang sebelum ditetapkannya waktu kampanye, Senin (8/3).

Namun demikian, diperbolehkan jika pamflet maupun poster tersebut dipasang di kediaman sendiri. Kabar baiknya, para calon tetap bisa melakukan kampanye via media sosial, tidak ada larangan. Sarana ini akan lebih ampuh mengingat kondisi masyarakat desa Mintobasuki yang cukup melek teknologi.

Di hari yang sama, dua calon ditetapkan setelah melalui proses penelitian dan klarifikasi atas kelengkapan dan keabsahan administrasi di Balai Desa Mintobasuki, Andi Eko Saputro, A.Md. dan Saryadi. Acara yang dihadiri oleh panitia Pilkades, Pemerintah Desa (Pemdes), BPD setempat, bakal calon dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) tersebut terbilang sukses. Meskipun kedua calon memiliki fanatik pendukung, namun tidak terlihat kerisuhan dan kehadiran mereka.

Setelah melalui proses ini, keduanya akan mengikuti pengundian nomor pada Selasa (9/3) pukul 15.00 WIB. Agenda sore nanti, juga diperuntukkan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hal krusial lainnya yang menjadi sorotan adalah penetapan hari kampanye. Agenda dari panitia Pilkades, kampanye hanya akan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 3,5, dan 6 April mendatang. Cukup teramat singkat daripada “kampanye mandiri” (dalam perspektif sebagian warga Mintobasuki) yang digelar oleh calon jauh-jauh sebelumnya.

Menurut keterangan sekretaris panitia Pilkades, Puji Budi Leksono, Senin(8/3) di hari kampanye yang  diagendakam oleh panitia nanti tetap akan diagendakan untuk calon menyampaikam visi dan misi mereka ke hadapan  publik. (NS).

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image