POSBINDU di Desa Mintobasuki, Palayanan Humanis dan Humoris

10 Agustus 2022
Nur Setyaningrum
Dibaca 186 Kali
POSBINDU di Desa Mintobasuki, Palayanan Humanis dan Humoris

Mintobasuki-Gabus.desa.id - Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) yang rutin diadakan sebulan sekali per tanggal 10  di desa Mintobasuki ramai pengunjung, (Rabu, 10/8/2022).  Berkisar 35 lebih pasien hadir dalam pelayanan yang terdiri dari kalangan usia produktif 15 hingga 59 tahun dan lansia usia  lebih dari 59 tahun, sebagaimana keterangan Hartini, Petugas Puskesmas saat ditemui di lokasi Posbindu.

Meskipun lokasi terbatas pada  radius RW 1 Desa  Mintobasuki, akan tetapi pasien dari RW lain pun datang ke lokasi perangkat desa, rumah Kartono sebagai basecamp pemeriksaan RW I. Penyebab jumlah pasien yang sedemikian salah satunya dikarenakan  akses ke lokasi Posbindu yang cukup dekat dengan area warga. Di samping  alasan sakit yang diderita pasien, pelayanan di Posbindu pun cukup humanis bahkan humoris. Dimana antar warga dengan petugas Puskesmas Kecamatan Gabus Kabupaten Pati saling mengenal. Bahkan diketahui sosok yang akrab dipanggil “mbak Yati” memiliki selera humor yang cukup  baik hingga membuat pasien merasa terhibur hingga terlontarkan gelak senyum  dan tawa.

“Ini agenda diadakan satu bulan sekali per tanggal 10 . Itu pun lokasinya bergilir, dari tengahan, (RW I), bulan depan Kulonan  (RW II), bulan depannya lagi RW III, begitupun seterusnya bergilir hingga nanti kembali lagi di lokasi ini (RW I),”  penjelasan Bidan Yuli Andreastuti.

Langkah ini diupayakan sebagai sistem jemput bola dimana petugas menjadi pelayan yang mendatangi masyarakat secara langsung di zona radius tempat tinggal warga. POSBINDU dalam rancangan Kemenkes juga difungsikan sebagai kegiatan monotoring serta deteksi faktor risiko dari penyakit menular baik itu  berasal dari kecelakaan maupun dari tindakan kekerasan dalam rumah tangga melalui pembinaan secara terpadu. Pelaksananya pun terbagi atas koordinator, kader penggerak, hingga kader pemantau.

Dari data berkisar 35 lebih  pasien yang memeriksakan dirinya di POSBINDU, diketahui berkisar 7 personal yang memiliki tensi tinggi dan perlu intensif untuk menjaga kesehatan dan pengaturan diri.  Di samping itu juga terdapat pasien yang menjadi pantauan petugas dan mendapatkan treatmen khusus untuk memeriksakan dirinya lagi di bulan selanjutnya. Pemeriksaan berjalan cukup lancar, para pasien pun mudah untuk mendapatkan penjelasan dari dokter maupun dari petugas kesehatan lainnya. Bahkan dari petugas Puskemas pun menyediakan fasilitas pengujian gula darah dan asam urat dengan promo tertentu. (NS/ NOE).