Ratusan Ambengan di Sedekah Bumi Dukuh Jrakah

sedekah bumi mintobasuki
sedekah bumi desa mintobasuki kecamatan gabus kabupaten pati

MINTOBASUKI-GABUS. Masyarakat Dukuh Jrakah, Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, setiap bulan apit dalam penanggalan Jawa menggelar sedekah bumi. Sedekah kali ini digelar Rabu Pon (17/07), bertepatan masyarakat pasca panen padi.

Keramaian sedekah bumi di Jrakah juga dihadiri masyarakat dari luar dusun. Siapa pun yang hadir akan mendapatkan berkat (makanan). Saat kegiatan dilangsungkan, warga meliburkan diri dari mencari nafkah dan bergotong-royong melaksanakan sedekah bumi. Tahun ini sedekah bumi dihibur dengan pagelaran wayang kulit pada siang hari dan seni ketoprak pada malam hari. Hiburan diadakan oleh pemerintah desa yang bertempat di Balai Desa dengan sumber biaya yang sudah dianggarkan Pemerintah Desa lewat APBDes tanpa memungut biaya dari warga kecuali hanya meminta sumbangan jajan seikhlasnya guna menjamu para penonton.

Tujuan dari sedekah bumi yaitu untuk mengajak agar warga senantiasa bersyukur atas nikmat Tuhan yang selama ini telah kita nikmati.  Selain meningkatkan kebersamaan warga, diharapkan melalui kegiatan sedekah bumi kita akan mendapatkan berkah dari Allah SWT,” kata Kepala Desa Mintobasuki Santoso.

Rangkaian kegiatan dalam sedekah bumi dimulai dari hajatan di Punden Cengek jam 08.00 sampai dengan jam 08.45. Dilanjutkan jam 09.00 sampai dengan 09.45 hajatan di Punden Panggung Gayaman. Dan hajatan yang terakhir dilaksanakan di balai desa yaitu pukul 10.00 sampai dengan 10.00 sampai dengan 11.00. Kemudian dilanjutkan pagelaran Wayang Kulit dengan dalam Ki Hadinarno dari Pati Jawa Tengah. Pada malam harinya pagelaran seni Ketoprak “Cahyo Gumelar” sampai jam 03.00 pagi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan