Puluhan Warga Mintobasuki dilatih Menjadi Peternak Kambing Modern

MINTOBASUKI-GABUS. Sabtu (22/6) Sebanyak 30 warga Desa Mintobasuki mengikuti pelatihan Ternak Kambing Modern dengan pola pakan fermentasi. Kegiatan yang diadakan di Balai Desa Mintobasuki tersebut merupakan kegiatan yang sudah disepakati bersama saat musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes). Pelatihan dimulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00.

“Dana Desa saat ini penggunaannya sudah mulai bergeser. Tidak melulu pembangunan infrastruktur, tapi sebisa mungkin harus disisipi kegiatan pembangunan manusia atau pemberdayaan sumber daya manusia. Oleh karena itu pada tahun 2019 ini, Kami menggunakan sebagian anggaran Dana Desa untuk kegiatan Pelatihan. Dan masyarakat sepakat untuk mengadakan pelatihan ternak kambing dengan pola pakan fermentasi. Kami berharap pelatihan ini akan mampu meningkatkan keterampilan dalam beternak yang lebih modern yaitu tidak ngarit tiap hari dan kotoran ternak tidak bau sehingga kedepannya akan meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat Desa Mintobasuki,” kata Kepala Desa Mintobasuki Santoso, saat memberikan pengarahan di depan 30 warga peserta pelatihan.

Slamet selaku trainer yang ditunjuk Pemerintah Desa memaparkan ilmu dan pengalaman dalam dua sesi yaitu sesi teori dan sesi praktik. Dalam materi teori, peserta pelatihan disuguhkan ilmu mulai dari pembuatan kandang, ciri bibit yang baik, penyakit dan cara penanganannya. Pada sesi praktik, para peserta sendiri yang melakukan praktik membuat pakan fermentasi sesuai ilmu yang telah diberikan. Mulai dari menyiapkan serat, menaburkan dedak, sampai mencampurkan probiotik. Kegiatan pelatihan ditutup dengan pemberian 1 botol probiotik dan nutrisi hewan kepada setiap peserta pelatihan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan